Macam-Macam Rumus Microsoft Excel Terlengkap

Rumus Microsoft Excel Terlengkap

Macam-Macam Rumus Microsoft Excel Terlengkap – Dalam artikel kali ini kami akan membahas tentang rumus-rumus dalam Microsoft excel. Dalam dunia teknologi tidak asing dengan kata Microsoft. Microsoft ini sangat digunakan dalam segala hal, missal Microsoft word untuk mengetik laporan dan lainnya, Microsoft power point untuk slide presentasi, dan untuk Microsoft excel ini lebih unik dari yang lainnya yaitu untuk melakukan perhitungan yang tentunya menggunakan rumus tertentu agar mendapatkan hasil yang sesuai.

 

Microsoft Office Excel memang dikenal dengan penggunaan rumus-rumus atau formula dalam lembar kerjanya. Penggunaan rumus yang efektif akan memudahkan Anda dalam membuat laporan pekerjaan dengan menggunakan MS Excel. Formula atau rumus MS Excel adalah keunggulan tersendiri untuk aplikasi ini, dengan kemampuannya dalam mengolah data melalui perhitungan matematis yang sangat beragam fungsinya.

 

Untuk setiap rumus dala Microsoft excel memiliki fungsi tersendiri. Oleh karena itu teman-teman harus benar-benar dalam menggunakan rumus tersebut, agar anda mendapatkan hasil yang sesuai dengan kebutuhan teman-teman. Bagi teman-teman yang mungkin belum paham atau masih bingung dalam menggunakan rumus ms. Excel yang benar. Kami akan menyediakan kumpulan rumus excel lengkap dan fungsinya. Dengan ini teman-teman tidak akan bingung dalam penggunaan rumus excel.

 

Rumus-rumus Excel :

SUM

Rumus atau fungsi ini mungkin sering kali digunakan oleh sebagian besar pengguna teknologi. Karena fungsi ini digunakan untuk melakukan penambahan atau penjumlahan pada suatu angka. Dalam rumus excel penjumlahan fungsi ini hanya bisa dilakukan bila penjumlahan tersebut masih terdapat satu garis. Misal satu kolom lalu dijumlah atau satu baris lalu di jumlah. Tetapi jika penjumlahan tersebut tidak dalam satu garis, missal angka pada baris dan kolom dijumlah, maka fungsi tersebut tidak dapat berjalan karena melebihi satu baris penjumlahan.

Contoh :

=SUM(5,5)

Rumus excel sum diatas akan memberikan hasil 10 pada kolom tersebut. Karena angka yang ada di dalam kurung tersebut akan melakukan enjumlahan karena tidak terdapat sel (kolom angka pada excel) yang diambil.

=SUM(A1:A3)

Rumus diatas akan menjumlahkan angka yang terkandung dalam sel A1, A2, A3. Jika teman-teman memberikan angka 1,2,3 pada sel tersebut maka dengan menggunakan rumus tersebut, hasil yang dikeluarkan dalam kolom tersebut yaitu angka 6. Rumus ini juga masih dalam sat ugaris yaitu menghitung dalam satu kolom. Begitu juga dengan satu baris, hanya bisa menghitung dalam satu baris.

=SUM(A1:A3,5)

Rumus diatas akan sama dengan rumus yang kedua. Dimana sel A1 sampai A3 akan melakukan penjumlahan. Namun pada angka yang dibelakang A3 tersebut akan ditambahkan dalam hasil yang sda dijumlahkan tersebut. Missal dalam hasil rumus nomor 2 diatas yaitu 6, maka hasil untuk rumus no 3 yaitu 11. Karena dari penjumlahan tersebut terdapat angka 5, maka secara otomatis hasil dari penjumlahan tersebut akan ditambahkan dengan angka tersebut.

 

AVERAGE

Ruus atau fungsi ini juga sangat sering digunakan dalam penggunaan excel. Karena rumus ini memiliki fungsi untuk menentukan rata-rata pada suatu nilai. Misalkan pada nilai siswa dalam mata pelajaran memiliki 3 nilai yaitu nilai tugas, nilai UTS, nilai UAS. Setiap penilaian untuk menentukan hasil akhir dari semua tersebut akan menggunakan fungsi tersebut dengan cara (nilai tugas + nilai UTS + nilai UAS) lalu dibagi dengan berapa variable yang telah dimasukkan. Maka dalam kolom tersebut akan memberikan hasil yang sesuai dengan rata-rata dalam nilai-nilai tersebut.

Contoh :

=AVERAGE(A1:A3)

Rumus excel rata-rata atau average diatas akan menghitung rata-rata dalam sel A1, A2, A3. Misal dalam sel tersbeut terdapat nilai 2, 3, 4 maka hasil AVERAGE yang terdapat dalam kolom tersebut akan memberikan angka 3. Karena angka 3 tersebut merupakan hasil rata-rata dari sel yang ditentukan.

 

VLOOKUP dan HLOOKUP

Dalam rumus excel VLOOKUP dan HLOOKUP memiliki kesamaan, tetapi yang membedakan yaitu dimana vlookup berbetuk vertical dan hlookup membentuk horizontal. Rumus HLOOKUP berasal dari kata H = Horizontal dan LOOKUP (melihat), berfungsi untuk menampilkan data dari suatu tabel yang tersusun dengan format horizontal atau mendatar. Syarat yang harus dipenuhi agar fungsi ini berhasil adalah dalam penyusunan tabel ; data WAJIB berurutan seperti dari A sampai Z atau dari 1 sampai 9 dst (dari besar ke kecil). Jika data yang Anda buat belum berurutan, sebaiknya diurutkan dulu dengan memilih menu Ascending.

Sedangkan rumus excel vlookup adalah dari kata V = Vertical. Jika HLOOKUP melihat secara horizontal/mendatar, maka VLOOKUP melihat secara vertical atau menurun.

 

IF Tunggal

Rumus excel IF adalah sebuah fungsi Excel dimana kamu bisa menentukan value dari dua kondisi yang berbeda. Contoh menggunakan IF.

=IF(A1>80,”LULUS”,”TIDAK LULUS”)

 

IF Ganda

IF ganda bisa digunakan ketika kamu ingin menentukan satu value tetapi kondisinya lebih dari dua kondisi sehingga perlu keakuratan yang lebih tinggi. IF ganda adalah penggunaan IF dalam IF dan dalam hal ini IF tersebut bisa digunakan lebih dari satu kali.

=IF(A1>80,”LULUS”,IF(A2>75,”LULUS”,”TIDAK LULUS))

 

AND

Fungsi Menghasilkan nilai TRUE jika semua argument yang di uji bernilai BENAR DAN FALSE jika semua atau salah satu argument bernilai SALAH.

=IF(AND(A1>7, B1>7),”LULUS”,”GAGAL”)

Contoh kasus : Peserta ujian dinyatakan lulus jika nilai ujian teori dan praktik masing-masing harus di atas 7, jika kurang dari 7 maka dinyatakan gagal.

 

NOT

Fungsi not kebalikan dari fungsi AND, yakni menghasilkan TRUE jika kondisi yang di uji SALAH dan FALSE jika kondisi yang di uji BENAR.

=IF(NOT(A1<65),”LULUS”,”GAGAL”)

 

OR

Fungsi Menghasilkan TRUE jika beberapa argument bernilai BENAR dan FALSE jika semua argument SALAH.

=IF(OR(A1<65,B1<65), “REMIDI”,”LULUS”)

 

MAX

Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data (range). dimana Misalnya untuk mencari nilai maksimal dari range data A1 sampai A5.

=MAX(A1:A5)

 

MIN

Fungsi Min adalah kebalikan dari fungsi Max, jika fungsi Max untuk mencari nilai tertinggi atau maksimal maka Min adalah untuk mencari nilai terkecil atau minimum dari sekumpulan data numerik. Sebagai contoh untuk mencari nilai terendah dari range data A1 hingga A5.

=MIN(A1:A5)

 

COUNT

Fungsi Count digunakan untuk menghitung jumlah data dari suatu range yang kita pilih. Misal :  menghitung jumlah siswa yang tidak lulus ujian atau remidi. =COUNTIF(A1:A5;”remidi”) maka dari contoh tadi keterangan siswa berada di range A1 sampai A5 dimana keterangannya remidi. maka hasilnya adalah total siswa yang remidi.

=COUNT(A1:A5)

 

Dalam ms. Excel bukan hanya rumus untuk menghitung, namun ada juga rumus untuk mementukan teks. Dibawah ini adalah rumus-rumus sebagian kecil yang sering digunakan dalam penggunaan rumus text pada excel.
VALUE 

Digunakan untuk merubah nilai value menjadi nilai text.

=VALUE(text)

 

FIND 
digunakan untuk menghasilkan posisi substring dari sebuah string atau suatu nomor yang dicari.

 =FIND(cari text,pada text,mulai nomor)

 

MID
digunakan untu mengambil karakter tertentu dari sederet karakter.

=MID(text,posisi awal,jumlah karakter)

 

REPLACE 
digunakan untuk menggantikan substring dengan substring lain dalam sebuah string (sederetan karakter atau karakter).

= REPLACE (…)

 

CONCATENATE 
digunakan untuk menggabungkan string menjadi satu kalimat maksimal 30 string.

=CONCATENATE(text1,text2,…)

 

STEDEV
Digunakan untuk menentukan standart devisiasi dari suatu range.

=STEDEV(number1,number2,…)

 

VAR 
Digunakan untuk menentukan nilai varience dari suatu range.

=VAR(number1,number2,…)

 

LEFT
Fungsi ini digunakan untuk mendapatkan hasil beberapa huruf paling kiri. Text di sini merujuk kepada text yang akan diambil. Bisa berupa nilai sel ataupun langsung diketikkan textnya di situ, tapi dengan menambahkan tanda petik dua (“) di awal dan di akhir text.
=LEFT(text)

 

RIGHT
Fungsi ini adalah kebalikan dari fungsi LEFT, yaitu mengambil beberapa karakter yang dimulai dari kanan.
=RIGHT(text)

 

LEN
Fungsi ini digunakan untuk menghitung jumlah karakter yang ada di dalam sebuah text.
=LEN(text)

 

UPPER
Fungsi ini akan membuat semua text yang ada di sel menjadi huruf besar semua.
= UPPER(text)

 

LOWER
Fungsi ini kebalikan dari fungsi UPPER, yaitu menjadikan huruf kecil semua.
=LOWER(text)

 

PROPER
Fungsi ini akan membuat teks menjadi huruf besar di karakter pertama di setiap kata.
=PROPER(text)

 

Sedikit ulasan kami tentang Macam-Macam Rumus Microsoft Excel Terlengkap. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman.

 

Jangan lupa untuk selalu update tugassekolah.info untuk mengetahui pelajaran-pelajaran atau tugas sekolah yang membuat teman-teman masih bingung, terima kasih.

Macam-Macam Rumus Microsoft Excel Terlengkap | lina | 4.5