Rumus Luas Segitiga dan Keliling Segitiga

Rumus Luas Segitiga dan Keliling Segitiga – Pada artikel sebelumnya kami pernah membahas tentang bangun datar. Dimana bangun datar ini memiliki beberapa jenis yang termasuk dalam bangun datar. Misalkan seperti, persegi, segitiga, persegi panjang, dan masih banyak bangun datar lainnya. Tetapi pada artikel kali ini kamiakan memfokuskan pada salah satu bangun datar. Agar teman-teman lebih faham tentang semua bangun ruang secara detail dan menyeluruh. Dan yang akan kami bahas yaitu tentang bangun datar segitiga.

 

Segitiga adalah salah satu bentuk bangun datar yang sangat sering kita jumpai. Mulai dari benda-benda yang ada didalam ruangan maupun diluar ruangan. Dalam bangun segitiga ini merupakan bangun datar yang sangat simple dan sederhana. Karena hanya memiliki 3 sisi dan 3 sudut. Dan pada setiap sudutnya memiliki berbagai macam derajat. Mulai dari 0 derajat sampai 180 derajat. Namun dalam bangun segitiga memiliki keunikan tersendiri yaitu memiliki berbagai macam jenis segitiga.

Pada sebuah segitiga memiliki beberapa jenis segitiga yaitu segitiga siku-siku, segitiga sama sisi, segitiga sama kaki dan segitiga sembarang. Dalam jenis-jenis segitiga tersebut, meskipun berbeda jenis namun tetap mengunakan satu rumus yaitu rumus segitiga yang sudah ditentukan. Pada artikel ini kami akan menjelaskan semua rumus yang ada pada segitiga, agar dapat membuat teman-teman lebih mengerti tentang segitiga. Inilah rumus-rumus segitiga :

Rumus Luas Segitiga

Luas = ½ x alas x tinggi

Rumus diatas merupakan rumus dari suatu bangun datar segitiga. Rumus ini termasuk rumus yang sangat mudah karena pada rumus tersebut hanya memerlukan nilai alas dari suatu segitiga dan tinggi lalu dibagi ½. Maka nilai luas dari suatu segitiga tersebut dapat di temukan secara cepat dan benar.

 

Rumus Keliling Segitiga

Kel = sisi 1 + sisi 2 + sisi 3

Pada rumus diatas merupakan rumus untuk mencari keliling dari suatu segitiga tersebut. Rumus ini berbeda dengan rumus luas yang menghitung bagian dalam segitiga. Namun untuk mencari keliling hanya menghitung bagian luar atau bagian dari ketiga sisi yang dimiliki oleh segitiga tersebut.

 

Rumus Tinggi Segitiga

Sebelum kita mencari luas dari sebuah bangun segitiga. Kita harus mengetahui tinggi dari suatu bangun segitiga tersebut. Dalam mencari rumus tinggi, harus menggunakan rumus segitiga phytagoras agar tinggi suatu segitiga tersebut ditemukan. Tetapi jika tinggi segitiga belum diketahui, maka teman-teman dapat menggunakan rumus dibawah ini:

Jika mencari sisi miring :

c2 = a2 + b2

Jika mencari sisi tinggi :

a2 = c2 – b2

Jika mencari sisi alas :

b2 = c2 – a2

 

Itulah rumus-rumus yang digunakan untuk mencari luas dan keliling segitiga. Jenis-jenis segitiga yang telah kami ulas diatas juga menggunakan rumus ini sebagian besarnya, hanya saja rumusnya disesuaikan sama bentuk segitiga tersebut. Missal untuk rumus segitiga sama kaki dimana sisi miringnya sama panjang. Lalu untuk rumus segitiga sama sisi dimana semua sisi segitiga memiliki ukuran yang sama. Lalu untuk rumus segitiga siku-siku yang dimana pada salah satu sudutnya memiliki sudut 90 derajat. Dan ada juga rumus segitiga sembarang yang dimana sudut maupun sisi tidak harus sama dan tidak harus sesuai.

 

Contoh Soal Luas Segitiga

1. Sebuah segitiga luasnya 42 cm. Jika tingginya 12 cm, berapakah panjang alas segitiga tersebut?

L = ½ x alas x tinggi
42 : ½ = alas x 12
84 = alas x 12
alas = 84/12
alas = 7 cm

 

2. Panjang sisi miring dan alas segitiga siku-siku berturut-turut adalah 20 cm dan 24 cm. Berapakah luas segitiga tersebut?

20² = t² + 12²  → 12 berasal dari ½ panjang alas
t² = 20² – 12²
t² = 400 – 144
t² = 256
t = √256
t = 16 cm

 

3. Segitiga ABC, panjang sisi-sisinya AB = 6 cm, BC = 7 cm, dan AC = 11 cm. Hitunglah keliling DABC!
Jawaban :
K = 6 + 7 + 11 = 24 cm.

 

4. Pada suatu bentuk segitiga terdapat sisi AB = 6, dan BC = 8. Carilah nilai AC pada segitiga siku-siku!

Sisi AB = a

Sisi BC = b

Sisi AC = c

Jawaban :

a² + b²   = c²
6² + 8²  = c²
36 + 64 = c²
100 = c²
c = √100
c = 10

 

5. Diketahui sebuah segitiga siku-siku dengan alas 14 cm dan tinggi 16 cm. Berapakah luas bangun tersebut?

L = ½ x 14 x 16 = 112 cm²

 

6. Diketahui luas sebuah segitiga adalah 165 cm2 dan panjang alasnya 22 cm. Hitunglah tinggi segitiga.

Jawaban:

L = ½ x alas x tinggi

165 cm2 = ½ x 22 cm x  tinggi

165 cm2 = 11 cm x  tinggi

tinggi = 165 cm2/11 cm

tinggi = 15 cm

 

Sedikit ulasan kami tentang Rumus Luas Segitiga dan Keliling Segitiga. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman.

 

Jangan lupa untuk selalu update tugassekolah.info untuk mengetahui pelajaran-pelajaran atau tugas sekolah yang membuat teman-teman masih bingung, terima kasih.

Rumus Luas Segitiga dan Keliling Segitiga | lina | 4.5