Rumus Luas Trapesium dan Keliling Trapesium

Rumus Luas Trapesium dan Keliling Trapesium

Rumus Luas Trapesium dan Keliling Trapesium – Sebelumnya kami pernah mengulas tentang bangun datar dan bangun ruang. Dimana bangun-bangun tersebut memilikijenis bangun sendiri-sendiri. Namun yang membedakan dari kedua bangun tersebut yaitu yang dimana bangun ruang memiliki sifat 3 dimensi dan bangun ruang memiliki sifat 2 dimensi. Tetapi dari perbedaan bangun tersebut memiliki kesamaan antara bangun datar dan bangun ruang.

 

Kali ini kami akan membahas tentang trapesium. Trapesium ini masuk dalam kategori bangun datar dan memiliki sifat 2 dimensi. Bangun ini hampir sama dengan persegi panjang yang memiliki empat buah rusuk. Namun pada persegi panjang memiliki sisi atau rusuk yang sama pada bagian atas bawah dan pada bagian samping kanan kiri. Tetapi pada bangun datra trapesium ini bagian rusuk atas dan bawah tidak sama sehingga rusuk bagian atas lebih kecil dibandingkan dengan rusuk bagian bawah. Namun rusuk pada bagian samping lebih masuk kedalam hingga berbentuk miring dan membuat sudut menjadi 45 derajat.

Trapesium memiliki jenis sendiri-sendiri, dimana jenis tersebut yaitu trapesium sembarang, trapesium sama kaki, dan trapesium siku-siku. Pada artikel ini kami akan menjelaskan tentang semua rumus yang digunakan dalam menyelesaikan soal-soal tentang trapesium. Dan pada artikel ini kami akan membuat teman-teman semuanya paham dengan rumus trapesium hingga diluar kepala. Inilah rumus-rumus bangun datar trapesium :

 

Rumus Trapesium

Rumus Luas trapesium

Luas = ½ x (a + c) x t

Dalam rumus luas trapesium tersebut, dimana (a) dan (c) merupakan sisi-sisi yang dimiliki oleh bangun datar trapesium. Dan ada juga (t) yang merupakan tinggi dari  sebuah bangun datar tersebut. Dengan menggunakan rumus tersebut, maka dengan mudah teman-teman untuk mengetahui berpa luas yang dimiliki oleh trpesium tersebut.

 

Rumus Keliling Trapesium

Keliling = sisi a + sisi b + sisi c+ sisi d

Pada rumus keliling trapesium ini sangat berbeda dengan luas trapesium. dimana rumus ini menjumlah semua sisi bagian luar yang ada pada bangun datra trapesium ini. Dan tidak menyangkut pautkan dengan tinggi trapesium.

 

Rumus Tinggi Trapesium

Pada rumus tinggi trapesium memiliki 2 cara. jika suatu trapesium tersebut diketahui luasnya, maka tinggal dimasukkan saja nilai-nilainya dan memakai rumus luas trapesium. tetapi dalam rumus tersebut luas memiliki nilai dan tinggi tidak memiliki nilai. Dengan cara tersebut maka tinggi sutu bangun trapesium akan ditemukan.

 

Tetapi jika luas dari suatu trapesium tersebut belum ditemukan dan tinggi juga belum ditemukan, maka teman-teman diharuskan untuk mencari tinggi dari trapesium terlebih dahulu. Bagaimana cara mencari tinggi trapesium ? jika luas dan tinggi trapesium belum ditemukan maka, kami sarankan anda untuk menggunakan trigonometri. Dimana rumus trigonometri ini sangat diperlukan oleh trapesium jika ingin menentukan suatu tinggi trapesium. karena pada trapesium miliki sisi miring sehingga bangun tersebut terdapat bentuk segitiga siku-siku. Maka dari itu teman-teman harus menggunakan rumus trigonometri.

Tinggi = √sisi miring2 – sisi bawah2       

Dengan menggunakan rumus tersebut maka tinggi suatu bangun trapesium akan ditemukan.

 

Contoh Soal Trapesium

1. Diketahui sebuah trapesium dengan a = 15 cm, b = 4 cm, c = 15 cm, d = 9 cm, dan t = 12 cm. tentukanlah luas trapesium pada gambar diatas!

Jawaban :

Luas = ½ x (4 + 9) x 12

Luas = ½ x (13) x 12

Luas = 78 cm2

 

2. Pada gambar diatas, tentukan keliling dari sebuah trapesium tersebut.

Jawaban :

Keliling = sisi a + sisi b+ sisi c + sisi d

Keliling = 15 + 4 + 15 + 9

Keliling = 43 cm

 

3. Sebuah trapesium memiliki panjang sisi-sisi sejajar berturut-turut 4 cm dan 10 cm serta tinggi 5 cm. maka, berapakah luas trapesium tersebut?

Jawaban :

Luas = ½ x (a1 + a2) x t

Luas = ½ x (4 cm + 10 cm) x 5 cm

Luas = ½ x 14 x 5

Luas = 35 cm

 

4. Perhatikan gambar diatas!. Tentukan rumus luas dan keliling pada bangun tersebut.

Untuk mencari luas pada bangun datar diatas, kita harus mencari panjang AB terlebih dahulu. Caranya, menggunakan rumus:

AE = √AD2 – DE2

AE = √102 – 82

AE = √100 – 64

AE = √36

AE = 6cm

Jadi, panjang AB sekarang = 20cm

Sekarang barulah kita mencari luas dan keliling trapesium diatas:

Luas = ½ x (s1 + s2) x t

Luas = ½ x (8 + 20) x 8

Luas = ½ x 28 x 8

Luas = 112 cm2.

 

Keliling = AB + BC + CD + DA

Keliling = 20 + 8 + 8 + 10

Keliling = 46 cm.

 

5. Sebuah trapesium memiliki panjang sisi yang sejajar berturut – turut  10 cm dan 16 cm, dan siis miringnya 10 cm. Cari tinggi dari suatu trapesium tersebut!

Jawaban :

x = ( 16-10)/ 2
= 6/2
= 3
tingginya
t = √ s² – x²
= √10² – 3²
= √ 100 – 9
= √ 81
= 9

 

Sedikit ulasan kami tentang Rumus Luas Trapesium dan Keliling Trapesium. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman.

Jangan lupa untuk selalu update tugassekolah.info untuk mengetahui pelajaran-pelajaran atau tugas sekolah yang membuat teman-teman masih bingung, terima kasih.

Rumus Luas Trapesium dan Keliling Trapesium | lina | 4.5